Jakarta, 2 Maret 2021 – Menteri Keuangan memberikan arahan kepada para Dewas BLU unsur Kemenkeu yang dibuka dengan laporan perkembangan kinerja BLU tahun 2020 serta konsep Dewas BLU oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan, Bpk. Andin Hadiyanto. Dalam paparannya, Dirjen Perbendaharaan menyampaikan terkait peningkatan kompetensi Dewas dimana tahun 2020 telah dilaksanakan pelatihan e-learning Dewas BLU, Webinar Series BLU, dan telah tersedia Buku Saku Dewas yang lengkap sekali untuk dapat digunakan sebagai pegangan untuk Dewas, khususnya Dewas baru untuk dapat segera menyesuaikan. Disampaikan pula perkembangan jumlah dan pendapatan BLU yang terus meningkat setiap tahun sejak 2016, dan beberapa Kebijakan BLU untuk tahun 2021 yaitu peningkatan kualitas pelayanan, peningkatan kinerja BLU termasuk KPI-nya, optimalisasi kas BLU dan modernisasi pengelolaan BLU melalui teknologi informasi.

Acara selanjutnya adalah pemaparan dari Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Ibu. Sumiyati yang menekankan pada peran tugas Dewas terkait tata kelola, manajemen risiko dan sistem pengawasan BLU. Dalam menjalankan tugas tersebut para Dewas diharapkan dapat menjadi ethics role model pada manajemen dan jajaran direksi BLU, diantaranya memiliki integritas yang tinggi dan menghindari conflict of interest, memastikan BLU memiliki pedoman etika yang mapan serta memastikan berjalannya budaya etika yang baik.

Kemudian masuk ke acara inti yaitu arahan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dimana dalam pembukaannya beliau menekankan kondisi pandemi COVID-19 adalah sesuatu yang extraordinary bukan biasa muncul dan ada setiap tahun, ini adalah situasi yang luar biasa yang kita hadapi. Menteri Keuangan menginginkan 244 satker BLU yang merupakan agency menjadi organisasi yang professional dengan tata kelola yang baik sehingga mendukung Indonesia maju karena organisasi yang baik merupakan aset Negara yang luar biasa.

Menteri Keuangan berharap Dewan Pengawas yang menjadi wakil Pemerintah, benar-benar dapat menjalankan mandat penugasannya, Dewas ini bukan hadiah atau basa basi. Dewas wajib memiliki sense of crisis yang tajam, harus menguasai betul bisnis yang dilakukan oleh BLU tempatnya ditugaskan. Oleh karena itu di tengah kesibukan kerja sebagai pejabat Kementerian Keuangan, Dewas harus bisa mengatur waktu dan strategi untuk bisa memahami seluk beluk bisnis yang dijalankan

Di akhir arahannya, beliau menyampaikan kepada Dewan Pengawas BLU agar dapat menerima tugas dengan komitmen penuh, semangat hingga 1000%, militansi serta keinginan untuk berbakti yang tinggi karena hal tersebut yang akan make a lot of difference. Menteri Keuangan menyampaikan apresiasi kepada para Dewas yang telah menjalankan fungsi Dewas dengan baik dan terima kasih kepada jajaran Ditjen Perbendaharaan yang terus melakukan perbaikan dan inovasi untuk meningkatkan tata kelola 244 BLU.

Materi dapat di unduh melalui laman http://bit.ly/bukusakuDewas