BLU dan KPBU
M. Syaibani • 29.09.2020

Apakah BLU dapat didirikan jika alasan pendiriannya hanyalah sebagai collecting unit dan paying agent? Pertanyaan ini terkait dengan Skema KPBU (Kerja sama Pemerintatah dan Badan Usaha).

“Entrepreneurship pada Badan Layanan Umum”
Dit. PPK BLU - (sin/rsw/nat) • 09.03.2020

Di masa kini, kewirausahaan (entrepreneurship) tidak hanya dikenal di sektor swasta, namun juga diterapkan di sektor pemerintahan (birokrat). BLU yang bertugas memberikan layanan publik yang berkualitas pada masyarakat dengan sekecil mungkin menjadi beban anggaran negara, menghadapi dilema mengingat keterbatasan anggaran pemerintah.

Memahami Badan Layanan Umum Sebagai Ujung Tombak Pemerintah Dalam Pelayanan Publik
Donny Maha P & Sintong A • 23.12.2019

Negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik. Hal ini merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Remunerasi dan Kontribusinya terhadap Kinerja BLU Bidang Pendidikan
Donny Maha P & Sintong A • 20.12.2019

Pemerintah mempunyai wakil atau agen dalam menjalankan konsep enterprising the government. Agen itu adalah Badan Layanan Umum (BLU). Salah satu keunikan yang dimiliki oleh BLU adalah BLU diberikan fleksibilitas tersendiri dalam mengelola keuangannya sehingga dapat memberikan keluwesan dengan tujuan mengoptimalkan pelayanannya kepada masyarakat.

BLU sebuah Ikhtiar
M. Syaibani • 02.01.2019

2018 pun berlalu, APBN menjadi menu pembicaraan pada berbagai kesempatan, lebih khusus bagi para pemerhati keuangan negara. Target, harapan, kerja keras, tantangan, hambatan, kegagalan, dan keberhasilan menjadi begitu menggiurkan untuk disantap. Sesekali, di sela-sela diskusi kita akan mendengar kata-kata BLU terlontar, termasuk harapan yang disandarkan dan capaian yang telah digapai.

Otonomi dan Pengendalian Keuangan pada Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU)
Budi Waluyo • 22.10.2018

Praktik otonomi dan pengendalian keuangan ini diteliti menggunakan studi kasus pada tujuh Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan 17 responden yang meliputi pejabat PTN-BLU, pembuat kebijakan, dan ahli. Hasil wawancara dianalisis menggunakan pendekatan induktif-deduktif.

Tata Kelola Badan Layanan Umum
Alfiker Siringoringo • 22.11.2017

Paper mengenai pengembangan Tata Kelola Badan Layanan Umum yang dapat meningkatkan Total Factory Production (TPF) sehingga menciptakan daya saing bangsa Indonesia sehingga Indonesia dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Pentingnya Budaya Entrepreneurship pada Instansi Pemerintah oleh Bapak Chairul Tanjung
Tim Chairul Tanjung • 23.11.2016

Pidato Chairul Tanjung (Mantan Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu II ) tentang "Pentingnya Penerapan Enterpreneurship pada Instansi Pemerintah"

Modul Profil dan Analisis Data BIOS 2016
Dit. PPKBLU • 31.08.2016

Manual penggunaan Modul Profil dan Analisis Data pada Aplikasi BIOS 2016

KEGIATAN SOSIALISASI PEMBINAAN PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM
Dit PPKBLU • 05.11.2015

KEGIATAN SOSIALISASI PEMBINAAN PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM