Pertanyaan:

Apakah bisa mengajukan pinjaman dana demi kelangsungan usaha kecil mikro saya?

12.07.2023 • Aden Wira

Jawaban:

Yth Bapak/Ibu/Saudara Aden Wira
Terima kasih telah menggunakan layanan helpdesk Direktorat PPK BLU

Pinjaman dana demi kelangsungan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat diakses melalui beberapa lembaga diantaranya:

1. Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dapat diakses melalui perbankan.

2. Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) merupakan program pembiayaan/pinjaman dana kepada pelaku usaha ultra mikro dengan plafon pinjaman maksimal 20 juta. Program ini dikoordinasikan oleh Pusat Investasi Pemerintah (https://pip.kemenkeu.go.id/) melalui PT Permodalan Nasional Madani (PNM), PT Pegadaian, PT Bahana Artha Ventura (BAV), dan koperasi.

3. Untuk usaha pada sektor perikanan dan kelautan, pinjaman dapat diakses melalui Lembaga Pengelola Modal Usaha Perikanan dan Kelautan (https://blulpmukp.id/)

4. Untuk pelaku usaha UMKM anggota koperasi juga dapat mengakses pinjaman dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir KUMKM (https://www.lpdb.go.id/)

5. Untuk pelaku usaha disektor kehutanan dan lingkungan hidup dapat mengakses pinjaman pada Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (https://www.bpdlh.id/).

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kontak center atau melalui website masing-masing lembaga penyalur pinjaman dana tersebut di atas.

Demikian disampaikan, semoga membantu.

Terjawab 17.07.2023