Pertanyaan:

Kami memahami bahwa berdasarkan Pasal 157 PMK 129/2020 jo 202/2022, dalam hal BLU menjalankan kerja sama dengan skema KSM, maka BLU mendapatkan imbalan berdasarkan perjanjian. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam hal KSM menggunakan aset Mitra dan BLU serta menggunakan SDM/kompetensi milik Mitra, apakah Mitra dapat diberikan imbalan atas penggunaan barang dan jasa yang diberikan Mitra berdasarkan perjanjian. Selain itu, mohon konfirmasinya atas bentuk imbalan yang diteria BLU apakah (i) imbal hasil; (ii) kompensasi tetap; (iii) manfaat ekonomi lainnya; atau (iv) bentuk lainnya.

31.08.2023 • Arya Rema Mubarak

Jawaban:

Yth. Bapak/Sdr. Arya Rema Mubarak
Terima kasih telah menggunakan layanan helpdesk Direktorat PPK BLU.

Terkait pertanyaan Saudara, dapat kami jelaskan sebagai berikut:
1. Sesuai ketentuan Pasal 162 PMK Nomor 202/PMK.05/2022, diatur bahwa pelaksanaan KSM dituangkan dalam naskah perjanjian. Pada Lampiran III huruf G, pada PMK tsb, disebutkan bahwa Naskah perjanjian paling sedikit memuat:
1)para pihak dalam perjanjian;
2)objek Pemanfaatan Aset atau KSM;
3)bentuk Pemanfaatan Aset atau KSM;
4)jangka waktu Pemanfaatan Aset atau KSM;
5)volume kegiatan;
6)besaran kompensasi tetap, imbal hasil, dan/atau bentuk imbalan lainnya;
7)jadwal pembayaran kompensasi tetap, imbal hasil dan/atau imbalan lainnya;
8)hak dan kewajiban para pihak yang terikat dalam perjanjian;
9)terminasi (klausul mengenai pengakhiran kontrak lebih awal);
10)sanksi;
11)force majeur; dan
12)penyelesaian perselisihan.

Untuk itu, bentuk dan besaran imbalan yang diterima oleh BLU maupun mitra sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam naskah perjanjian pada angka 6) sebagaimana tersebut di atas.

2. Sesuai dengan ketentuan Pasal 157 PMK 202/PMK.05/2022, diatur bahwa BLU mendapatkan imbalan berupa kompensasi tetap, imbal hasil, dan/atau manfaat ekonomi lainnya dari pelaksanaan KSM. Untuk itu bentuk imbalan bagi BLU berdasarkan kesepakatan yang dipilih dan dituangkan dalam naskah perjanjian pada angka 6) sebagaimana tersebut di atas.

Demikian disampaikan, semoga membantu

Terjawab 31.08.2023