Pertanyaan:

Saya tenaga kontrak Universitas Jambi sejak 2013,sebagaimana diketahui Univ Jambi berstatus BLU. Pertanyaan saya: 1.apa penyebab saya tidak menerima hak remunerasi? 2.solusi apa kiranya yang bisa membuat saya mendapatkan hak remunerasi? 3.apakah dengan penggantian status dari tenaga kontrak menjadi pegawai tetap BLU menjadikan sebab saya bisa masuk dalam kategori pegawai BLU? 4.apakah pimpinan tertinggi univ dapat mengangkat pegawai tetap dilingkungan univ BLU? 5.apakah pimpinan tertinggi univ (rektor) mempunyai kewenangan penuh dalam menentukan siapa saja yg berhak mendapat remunerasi? 6.siapa saja yg termasuk atau yang bisa disebut sebagai tenaga profesional non PNS yang mendukung KINERJA BLU? Terimakasih.

07.03.2024 • Vera Dian Puri

Jawaban:

Yth. Ibu/Saudari Vera Dian Puri
Terima kasih telah menggunakan layanan helpdesk Direktorat PPK BLU.

Remunerasi diberikan kepada pegawai tetap yang menduduki jabatan pada BLU. Adapun jabatan dimaksud, merupakan jabatan yang diperkenankan sesuai struktur organisasi berdasarkan uraian jabatan serta tugas dan fungsi yang mengacu pada pengaturan terkait organisasi dan tata kerja BLU sesuai ketentuan yang berlaku pada kementerian/lembaga dari BLU bersangkutan.

Sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum, pemimpin BLU diberi kewenangan untuk dapat mengangkat pegawai profesional non-PNS sesuai kebutuhan organisasi. Terhadap pegawai tersebut, merupakan pegawai tetap yang mendapatkan remunerasi.
Namun demikian, dengan terbitnya ketentuan pemerintah terkait manajemen PPPK melalui Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, dinyatakan bahwa pengangkatan pegawai non-PNS dilaksanakan melalui prosedur pengadaan dan pengangkatan PPPK secara nasional.
Dengan demikian, pemimpin instansi termasuk dalam hal ini pemimpin BLU, tidak diperkenankan kembali untuk melakukan pengadaan dan pengangkatan pegawai non-PNS secara mandiri.

Demikian disampaikan, semoga membantu.

Terjawab 15.03.2024