Perkembangan kinerja layanan dan keuangan Badan Layanan Umum yang semakin meningkat perlu didukung dengan fasilitas teknologi informasi untukmendorong BLU menjadi lebih transparan, akuntabel, dan modern. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Direktorat Pembinaan Pengelolaan Badan Layanan Umum (PPK BLU) tertantang untuk mengembangkan suatu sistem yang terintegrasi. Sistem tersebut adalan BLU Integrated Online System atau BIOS.Pembangunan BIOS dilakukan melalui sinergi antara Direktorat Pembinaan Pengelolaan Badan Layanan Umum, Direktorat Sistem Perbendaharaan, dan Pusintek Kemenkeu.

BIOS merupakan aplikasi sistem informasi terintegrasi berbasis web yang berisi beberapa modul antara lain modul profil, modul laporan keuangan, modul laporan pembinaan dan pengawasan, modul tarif, modul remunerasi, dan modul penilaian kinerja/key performance indicator. Sebagai tahap awal, modul profil sudah selesai dikembangkan dan secara resmi diluncurkan. Modul profil sendiri berisi informasi umum, informasi khusus, data pegawai, data keuangan, data layanan, monitoring pembinaan, dan monitoring pencapaian KPI dari masing-masing BLU.

Output dari BIOS dimanfaatkan oleh para stakeholders BLU diantaranya Kementerian Keuangan terutama Direktorat PPK BLU dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan, kementerian teknis, dan pihak internal BLU sendiri. Informasi BIOS digunakan sebagai dashboard kinerja layanan dan keuangan sehingga bermanfaat untuk pengambilan keputusan oleh pihak manajemen.

Memanfaatkan momentum hari Sumpah Pemuda, maka pada hari Selasa dan Rabu tanggal 28 dan 29 Oktober 2014 dilakukan launchingdan edukasi/bimbingan teknis perdana aplikasi BIOS kepada 140 BLU dari seluruh nusantara di gedung Treasury Learning Center, Jalan K.H. Wahid Hasyim Jakarta Pusat. Mengingat kapasitas gedung dan jumlah jaringan komputer yang terbatas maka peserta dibagi dalam dua hari pelaksanaan dengan peserta 70 BLU per hari.Semua peserta yang hadir sangat antusias terlihat dari setiap BLU mengirimkan dua orang pegawainya dan mengikuti keseluruhan acara dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 16.15 di sore hari.

“Kita perbaiki cara kita men-submit informasi. Ini adalah salah satu cara kita untuk bisa menjual apa yang sudah Bapak/Ibu semua kerjakan di BLU kepada semua stakeholders,” kata Djoko Hendratto, Direkur PPK BLU di hadapan peserta dalam arahan pembukaan bimtek.

Setelah pembukaan, acara diawali dengan pre test untuk menguji pemahaman peserta mengenai pengelolaan keuangan BLU secara umum, dilanjutkan dengan pemaparan overview BLU oleh para kasubdit dari Direktorat PPK BLU antara lain M. Syaibani, Muhammad Rusna, Muhammad Yusuf, dan Bayu A.P. Setelah sesi overview BLU, acara dilanjutkan dengan overview BIOS dan post test untuk mengetahui pemahaman peserta atas materi yang sudah diberikan. Sesi setelah istirahat siang didedikasikan khusus untuk praktek input data ke aplikasi BIOS menggunakan data yang sudah dibawa oleh masing-masing peserta sehingga diharapkan setelah mengikuti bimtek ini, setiap BLU sudah dapat mengisi data secara online.

“Melalui sistem informasi yang sedang kita bangun ini, BLU diajak untuk dikelola layaknya sebuah bisnis dengan tetap mengutamakan pelayanan yang terbaik,” pesan Direktur PPK BLU menyudahi arahan. @bap, mr