Sebagai jawaban atas harapan seluruh masyarakat terhadap peningkatan kualitas layanan publik, pada tahun 2020, Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum menciptakan inovasi yang diberi nama BLU Service and Governance Maturity Rating (BLU SMART).

BLU SMART merupakan mekanisme pengukuran dan pemetaan kinerja BLU yang komprehensif & End to End terhadap semua aspek tata kelola dan layanan yang terdiri atas 6 aspek dan 23 indikator pengukuran.

Sebelum adanya BLU Smart, mekanisme penilaian kinerja BLU dilakukan secara manual dengan metode yang beragam dan hanya dilakukan pengukuran pada capaian target keuangan dan layanan saja, sehingga tidak memotret proses manajemen yang terjadi di dalam BLU.

Dengan adanya BLU SMART, kini penilaian kinerja menggunakan 1 metode/alat ukur yang sama yang dapat digunakan oleh seluruh BLU. Alat ukur ini telah disusun dengan melakukan benchmarking dari berbagai best practice yang ada baik secara nasional maupun internasional.

Pada tahun 2022 BLU SMART telah diimplementasikan kepada 247 BLU dan telah dihasilkan 6.916 rekomendasi perbaikan kinerja dan tata kelola yang sebelumnya tidak terpotret secara standar dengan metode pengukuran kinerja yang lama.

Berdasarkan PENG-1/SJ.2/2023, BLU SMART terpilih menjadi salah satu dari 10 (sepuluh) inovasi terbaik Kluster Kantor Pusat dan diusulkan sebagai Finalis Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan (KIKK) Tahun 2023. Apabila lolos tahap selanjutnya, maka BLU SMART akan diusulkan menjadi peserta Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Keren banget yah Sahabat BLU, gak heran sih karena manfaat dari penerapan BLU SMART ini seberasa itu lho oleh BLU maupun masyarakat.

#BadanLayananUMUM
#BLUSMART

#KIKK2023